Minggu, 17 April 2011

Bau Ompol !!! gimana sih SOLUSInya

Saat memiliki anak yang masih kecil, ompol merupakan momok yang serius. tidak jarang mengundang ciloteh anggota keluarga.

Untuk anak yang masih memakai popok sekali pakai (diapers) mungkin tidak masalah. Tapi untuk anak yang sudah lepas diapers, tentu berbeda.
Meski sudah dibiasakan sebelum tidur, diajak pipis (buang air kecil) terlebih dahulu atau juga sudah dilatih untuk bisa bangun dan buang air kecil di kamar mandi, terkadang si kecil tetap saja mengompol di tempat tidur.


Mengapa si kecil mengompol? Biasanya si kecil mengompol kalau cuaca dingin, atau si kecil kelelahan dengan aktifitas seharian.

Kasur yang terkena ompol si kecil harus segera dijemur untuk menghilangkan baunya. Untuk musim hujan seperti sekarang, ini merupakan PR  tersendiri. Boro-boro mau menjemur kasur, jemuran pakaian saja sehari tidak langsung kering.
Nah, bila kondisi untuk menjemur kasur yang terkena ompol tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba tips berikut untuk mengurangi, membersihkan dan menghilangkan bau ompol si kecil:
  1.  Area yang basah terkena ompol segera Anda tekan-tekan dengan lap kering yang menyerap air. Bisa juga menggunakan lap khusus atau dengan handuk kering, sampai sebagian besar cairan ompol terserap oleh kain. 
  2. Untuk mengeringkannya Anda bisa menggunakan hair dryer. Hembuskan hawa panas dari hair dryer ke area yang basah sampai area tersebut kering. Atau Anda bisa juga menyalakan pemanas ruangan (heater) sampai kasur benar-benar kering. Cara ini tidak disarankan saat summer (musim panas), kalau sedang musim dingin (winter) seperti sekarang boleh saja. Setelah kasur kering, heater harus segera dimatikan.
  3. Setelah itu semprotkan (jangan dituang) area yang basah dengan alkohol dengan jarak 10-15 cm untuk menghilangkan bau.

Nah itu tadi tips membersihkan dan menghilangkan bau ompol si kecil, semoga bermanfaat. Sekarang kamar tidur kembali nyaman ditempati, tidak bau ompol lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar